Senin - Jumat07:00-21:00Sabtu07:00-13:00Hubungi kami+0315921101

Telinga Berair dan Berbau? Ini Cara Mengatasinya!

Telinga Berair dan Berbau? Ini Cara Mengatasinya!

April 25, 2024 by admin ku
artikel-1.png

Salah satu langkah pertama yang dapat dilakukan di rumah adalah menggunakan metode alami untuk mengatasi bau dan berair di telinga. Berair dan bau di telinga biasanya merupakan tanda infeksi telinga atau kotoran telinga yang menumpuk. Untuk membantu Anda sembuh lebih cepat dan mencegah kondisi yang lebih parah, Anda dapat menggunakan beberapa metode perawatan alami.

Penyumbatan kotoran di telinga sering menyebabkan telinga berair dan bau. Selain itu, keluarnya cairan yang berbau tidak sedap dari dalam telinga juga biasanya merupakan tanda infeksi telinga tengah atau otitis media. Kedua kondisi ini tidak hanya menyebabkan bau dan berair di telinga, tetapi juga menyebabkan sakit telinga dan kesulitan mendengar.

Anda dapat mencoba berbagai metode alami untuk mengobati telinga berair dan bau di rumah jika infeksinya belum terlalu parah. Namun, perlu diingat bahwa pengobatan alami untuk telinga yang terinfeksi pada anak di bawah usia dua tahun tidak boleh dilakukan karena dapat meningkatkan risiko komplikasi.

 

Cara Mengatasi Telinga Berair dan Berbau

Setelah infeksi, telinga berair dan bau biasanya sembuh sendiri selama sekitar tiga hari. Namun, untuk mempercepat penyembuhannya, Anda dapat menggunakan beberapa cara mengobati telinga berair dan bau secara alami di rumah, seperti:

  • Untuk membersihkan telinga, gunakan waslap
    Pastikan telinga bersih. Ini adalah cara alami dan efektif untuk mengobati telinga berair dan bau. Saat Anda mandi, bersihkan telinga Anda dengan waslap lembut. Hindari cotton bud, karena dapat menyebabkan kotoran lebih dalam dan meningkatkan risiko tertusuk gendang telinga. Kemudian jangan terlalu sering membersihkan telinga, karena kotoran telinga juga sifatnya baik dan protektif untuk liang telinga kita. Jika kita terlalu sering membersihkan telinga, dapat meningkatkan produksi kotoran telinga. Frekuensi membersihkan telinga yang dianjurkan hanya 1 x / bulan.
  • Kompres yang dingin
    Untuk menghilangkan nyeri dan berair di telinga, kompres dingin dapat membantu. Cara ini dapat meredakan panas dan nyeri telinga serta mengurangi peradangan. Untuk membuat kompres es di rumah, masukkan es batu ke dalam kantong dan bungkus dengan handuk basah. Tempelkan kompres ke telinga yang sakit selama sepuluh hingga lima belas menit. Ini adalah pengobatan alami untuk telinga berair dan bau.
  • Tempatkan diri Anda dengan baik saat tidur
    Telinga yang lebih sakit dan infeksi yang tak kunjung sembuh dapat disebabkan oleh posisi tidur yang salah. Selama tidur, letakkan dua bantal atau lebih di bawah kepala sehingga telinga berada di atas bagian tubuh lainnya. Jika telinga kiri Anda mengalami infeksi, tidurlah miring ke kanan, dan sebaliknya.
  • Konsumsi Air Jahe
    Karena sifatnya yang antibakteri dan antiradang, jahe adalah salah satu metode alami untuk mengobati telinga berair dan bau. Studi menunjukkan bahwa mengoleskan air jahe atau minyak jahe ke telinga bagian luar dapat meredakan nyeri. Namun, penelitian tentang manfaat jahe untuk infeksi telinga masih sangat terbatas, dan penelitian perlu dilakukan lebih lanjut untuk mengetahui seberapa baik itu pada manusia. Ingatlah untuk menghindari mengoleskan jahe ke dalam telinga karena akan memperparah infeksi.
  • Mengoleskan bawang putih
    Selain itu, bawang putih adalah metode alami untuk mengobati telinga berbau dan berair. Sebuah penelitian menemukan bahwa menumbuk bawang putih mentah dan meletakkannya di luar telinga dapat membantu melawan infeksi, tetapi jangan masuk ke dalam telinga.

 

Jika Anda mengalami gangguan kesehatan dan membutuhkan pengobatan segera, Anda bisa kunjungi Klinik Dharmahusada Premier untuk mendapatkan pengobatan dan penanganan yang Anda butuhkan.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa hubungi kami di:

  • 0315921101
  • 085233664118

Atau Anda bisa kunjungi Klinik Dharmahusada Premier di Jl. Raya Dharma Husada Indah No.26, Mojo, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60285



Klinik Utama Dharmahusada Premier merupakan klinik Utama yang berlokasi di area Dharmahusada. Dengan seluruh tenaga medis profesional, Klinik Utama Dharmahusada Premier menghadirkan pelayanan komprehensif yang meliputi perawatan promotif, preventif, dan kuratif. Segala tindakan medis ditangani oleh tenaga medis ahli dan berpengalaman, serta menggunakan teknologi yang modern.



Social Media


Facebook

www.facebook.com/dhpclinic


Twitter

@dhpcclinic


Instagram

@dhpclinic



Hubungi Kami


Whatsapp

085233664118


Telepon

(031)5921101


Email

klinik.dharmahusadapremier@gmail.com


Copyright by Markbro 2024. All rights reserved.