Senin - Jumat07:00-21:00Sabtu07:00-13:00Hubungi kami+0315921101

Kaki Cantengan? Ini Penyebab Utamanya dan Cara Ampuh Menyembuhkannya

Kaki Cantengan? Ini Penyebab Utamanya dan Cara Ampuh Menyembuhkannya

October 23, 2024 by admin ku
artikel-36.png

Cantengan kaki adalah ketika ujung kuku kaki tumbuh ke dalam kulit. Ini tidak hanya menyebabkan rasa tidak nyaman saat beraktivitas, tetapi juga dapat menyebabkan infeksi jika tidak ditangani dengan benar.

Cantengan kaki biasanya terjadi pada jempol kaki, tetapi mungkin juga terjadi pada semua kuku. Ini biasanya akibat memotong kuku dengan cara yang salah atau terlalu pendek, yang menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan kemerahan di jari kaki.

Sebagian orang dengan kondisi kesehatan tertentu rentan terkena cantengan kaki dan memerlukan perhatian khusus, seperti penderita diabetes. Namun, cantengan kaki biasanya tidak berbahaya dan dapat diobati sendiri di rumah untuk mencegah infeksi.

 

Banyak Faktor yang Menyebabkan Cantengan Kaki

Cantengan kaki dapat disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari, seperti mengenakan sepatu yang sempit. Selain itu, penyebab lainnya termasuk:

Kesalahan yang sering terjadi saat memotong kuku

Salah satu penyebab paling umum cantengan kaki adalah potongan kuku yang terlalu pendek. Ini karena kulit bagian samping kaki menutupi sudut kuku, sehingga kuku yang tumbuh mendesak kulit di sekitarnya. Selain itu, memotong kuku terlalu melengkung dapat menyebabkan cantengan kaki karena kuku yang akan tumbuh tidak memiliki sudut pertumbuhan yang jelas.

Sepatu yang tidak sesuai ukuran

Memakai sepatu yang tidak pas atau terlalu sempit juga dapat menyebabkan cantengan di kaki. Hal ini karena kulit di sekitar kuku terdorong ke atas sampai menutupi kuku, memaksa kuku tumbuh lebih dalam, menyebabkan cantengan.

Cedera pada jari-jari kaki

Jika kuku kaki terlepas karena cedera, seperti tersandung atau tidak sengaja menjatuhkan barang berat ke kaki, ada kemungkinan kuku baru akan tumbuh di dalamnya. Melakukan gerakan berulang, seperti menendang bola, juga berisiko menyebabkan kuku kaki tumbuh.

Kaki yang basah

Jika kulit kaki tidak bersih, berkeringat, dan lembap, kuku lebih mudah menembus atau masuk ke dalam kulit, yang menyebabkan cantengan. Selain itu, cantengan kaki juga dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti infeksi jamur yang membuat kuku menebal, obesitas, diabetes, atau masalah aliran darah di kaki.

 

Cara Mengatasi Cantengan di Kaki Anda

Jika cantengan di kaki Anda tidak berbahaya dan tidak menimbulkan infeksi, Anda dapat melakukan beberapa perawatan rumah tangga sederhana berikut:

  • Untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan, rendam kaki Anda dengan air garam hangat selama 15–20 menit.
  • Pastikan kaki Anda bersih dan kering.
  • Pijat krim antibiotik.
  • Makan analgesik seperti paracetamol atau ibuprofen.
  • Angkat secara perlahan ujung kuku yang tumbuh ke dalam, lalu sanggah dengan kapas.
  • Sampai nyeri dan bengkak hilang, gunakan sandal yang tertutup longgar.

Selain itu, jangan potong kuku terlalu pendek, jangan mengenakan sepatu sempit atau hak tinggi, dan pastikan ujungnya tidak melengkung ke dalam saat dipotong.

 

Jika Anda mengalami gangguan kesehatan dan membutuhkan pengobatan segera, Anda bisa kunjungi Klinik Dharmahusada Premier untuk mendapatkan pengobatan dan penanganan yang Anda butuhkan.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa hubungi kami di:

  • 0315921101
  • 085233664118

Atau Anda bisa kunjungi Klinik Dharmahusada Premier di Jl. Raya Dharma Husada Indah No.26, Mojo, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60285



Klinik Utama Dharmahusada Premier merupakan klinik Utama yang berlokasi di area Dharmahusada. Dengan seluruh tenaga medis profesional, Klinik Utama Dharmahusada Premier menghadirkan pelayanan komprehensif yang meliputi perawatan promotif, preventif, dan kuratif. Segala tindakan medis ditangani oleh tenaga medis ahli dan berpengalaman, serta menggunakan teknologi yang modern.



Social Media


Facebook

www.facebook.com/dhpclinic


Twitter

@dhpcclinic


Instagram

@dhpclinic



Hubungi Kami


Whatsapp

085233664118


Telepon

(031)5921101


Email

klinik.dharmahusadapremier@gmail.com


Copyright by Markbro 2024. All rights reserved.