Senin - Jumat07:00-21:00Sabtu07:00-13:00Hubungi kami+0315921101

Apa Saja Pantangan bagi Para Penderita Gula Darah Rendah?

Apa Saja Pantangan bagi Para Penderita Gula Darah Rendah?

April 3, 2024 by admin ku
artikel-2024-04-03T145445.318.png

JJika gula darah cenderung rendah, Anda harus memperhatikan makanan dan minuman tertentu yang Anda konsumsi dan menghindari beberapa aktivitas yang dapat menurunkan kadar gula darah secara drastis. Kedua hal ini penting untuk mempertahankan kadar gula dalam batas normal. Ketika kadar gula darah kurang dari 70 mg/dL, disebut gula darah rendah atau hipoglikemia. Beberapa faktor dapat menyebabkan kondisi ini, seperti terlambat makan dari waktu biasanya, melakukan aktivitas yang berat dalam kondisi lapar, hingga konsumsi obat penurun gula darah & insulin untuk orang yang menderita diabetes

Salah satu gejala gula darah rendah adalah pusing, gemetar, dan penglihatan kabur. Selain itu, gula darah rendah juga dapat menyebabkan kejang, kejang, pingsan, dan sulit untuk berkonsentrasi. Konsumsi makanan dan minuman manis dapat menangani masalah gula darah rendah.

 

Pantangan Gula Darah Rendah

Meskipun kondisi tubuh orang dengan gula darah rendah berbeda-beda, penting untuk mengabaikan pantangan gula darah rendah agar kondisi tidak memburuk. Penderita gula darah rendah harus memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Jangan lupa┬ásarapan sebelum beraktivitas
    Jika Anda cenderung memiliki kadar gula darah rendah, tidak disarankan untuk melewatkan sarapan sebelum memulai aktivitas di pagi hari. Ini karena metabolisme mengubah gula darah menjadi cadangan energi untuk tubuh saat beraktivitas di pagi hari. Akibatnya, kadar gula darah cenderung menurun saat pagi hari, yang harus diwaspadai oleh mereka yang mengalami gula darah rendah. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kadar gula darah adalah dengan tidak melewatkan sarapan.
  • Melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat atau berlebihan
    Konsumsi obat diabetes tidak sesuai dosis atau tidak disertai dengan konsumsi makanan.
    Konsumsi obat antidiabetes atau insulin, yang mampu menurunkan kadar gula darah, sering menyebabkan gula darah rendah pada penderita diabetes. Penggunaan obat ini yang tidak sesuai indikasi dari donter dapat menyebabkan kadar gula darah turun sampai di bawah batas normal. Oleh sebab itu selalu konsultasikan dahulu kepada dokter terkait dosis obat yang anda perlukan.
  • Konsumsi kafein berlebihan
    Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman berkafein dapat mencegah diabetes tipe 2 dengan menurunkan kadar gula darah. Namun, jika Anda memiliki gula darah rendah, mengonsumsi kafein terlalu banyak justru dapat menurunkan kadar gula darah Anda. Oleh karena itu, orang yang memiliki gula darah rendah harus mengurangi jumlah kafein yang mereka minum, seperti cokelat, kopi, dan teh. Untuk penderita gula darah rendah, batas harian kafein adalah 200 mg, atau dua cangkir kopi.
  • Terlalu banyak makan makanan ringan
    Mengonsumsi makanan ringan atau snack yang tidak sehat (seperti popcorn, keripik, dan makanan kemasan lainnya) adalah masalah berikutnya bagi mereka yang memiliki gula darah rendah. Jenis makanan ini memiliki potensi untuk meningkatkan kadar gula darah, tetapi juga memiliki potensi untuk menurunkannya dengan cepat. Anda masih boleh makan makanan ini, tetapi jangan terlalu sering. Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi camilan sehat yang meningkatkan gula darah, seperti anggur, apel, dan jeruk.
  • Konsumsi obat diabetes berlebihan
    onsumsi obat antidiabetes, seperti insulin, yang mampu menurunkan kadar gula darah, sering menyebabkan gula darah rendah pada penderita diabetes. Penggunaan obat ini terlalu sering dapat menyebabkan kadar gula darah turun sampai di bawah batas normal.
  • Konsumsi jenis makanan dengan indeks glikemik rendah
    Konsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah dapat mencegah kondisi hipoglikemi, karena makanan dengan indeks glikemik rendah biasanya merupakan jenis karbohidrat yang lepas lambat, dimana jenis makanan ini tidak menyebabkan lonjakan mendadak gula darah, namun menjaga agar gula darah kadarnya tetap stabil.

 

Jika Anda mengalami gangguan kesehatan dan membutuhkan pengobatan segera, Anda bisa kunjungi Klinik Dharmahusada Premier untuk mendapatkan pengobatan dan penanganan yang Anda butuhkan.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa hubungi kami di:

  • 0315921101
  • 085233664118

Atau Anda bisa kunjungi Klinik Dharmahusada Premier di Jl. Raya Dharma Husada Indah No.26, Mojo, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60285



Klinik Utama Dharmahusada Premier merupakan klinik Utama yang berlokasi di area Dharmahusada. Dengan seluruh tenaga medis profesional, Klinik Utama Dharmahusada Premier menghadirkan pelayanan komprehensif yang meliputi perawatan promotif, preventif, dan kuratif. Segala tindakan medis ditangani oleh tenaga medis ahli dan berpengalaman, serta menggunakan teknologi yang modern.



Social Media


Facebook

www.facebook.com/dhpclinic


Twitter

@dhpcclinic


Instagram

@dhpclinic



Hubungi Kami


Whatsapp

085233664118


Telepon

(031)5921101


Email

klinik.dharmahusadapremier@gmail.com


Copyright by Markbro 2024. All rights reserved.