Senin - Jumat07:00-21:00Sabtu07:00-13:00Hubungi kami+0315921101

Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Musim Hujan

Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Musim Hujan

December 15, 2023 by admin ku
artikel-2023-12-15T132526.363.png

Musim hujan dikaitkan dengan berbagai penyakit, termasuk flu dan batuk. Hal ini mungkin terjadi akibat melemahnya sistem kekebalan tubuh akibat cuaca dingin. Selain itu, suhu dingin dapat mempercepat penularan kuman dan virus.

Suhu yang lebih dingin memungkinkan rhinovirus penyebab flu biasa berkembang biak lebih cepat. Selain itu, virus influenza dapat tumbuh dan berkembang dalam kondisi dingin dan kering. Fluktuasi suhu juga dapat menyebabkan turunnya daya tahan tubuh. Hal ini membuat Anda lebih rentan terhadap berbagai masalah kesehatan, yang dapat mengganggu produktivitas dan mengganggu rutinitas sehari-hari.

 

Langkah Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

  • Kebutuhan cairan harus terpenuhi
    Meski suhu sedang dingin, Anda tetap harus menjaga tubuh tetap terhidrasi sepanjang musim hujan. Dehidrasi membuat tubuh lebih rentan terhadap berbagai penyakit, yang lebih umum terjadi saat musim hujan. Perbanyak minum air putih atau buah dengan kandungan air tinggi agar terhindar dari dehidrasi saat musim hujan. Selain itu, selalu konsumsi air mendidih dan jaga kebersihan.
  • Mengkonsumsi vitamin C
    Vitamin C merupakan salah satu vitamin terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut data kemenkes Jumlah vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh pada orang dewasa berkisar 75-90 mg per hari. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi makanan kaya vitamin C seperti jeruk, stroberi, brokoli, dan bayam.
  • Aktivitas fisik
    Saat musim hujan, jangan malas untuk melakukan berbagai aktivitas fisik atau olahraga. Dengan berolahraga secara konsisten, sistem imun tubuh akan meningkat sehingga menurunkan risiko terkena penyakit.
  • Istirahat yang cukup
    Penuhi kebutuhan istirahat harian Anda. Pentingnya tidur selama 7-8 jam setiap malam demi menjaga sistem imun tubuh tetap prima. Hal ini akan melindungi Anda dari beberapa penyakit yang lebih mungkin berkembang saat musim hujan.
  • Hindari makan sembarangan
    Hindari makan atau membeli makanan secara sembarangan. Pastikan Anda mengonsumsi makanan bersih yang memiliki unsur sehat. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tidak disimpan dengan baik membuat Anda lebih rentan terserang berbagai penyakit saat musim hujan.
  • Jaga kebersihan
    Ingatlah untuk sering mencuci tangan sepanjang musim hujan. Hal ini mungkin bisa Anda lakukan untuk menghindari terkena bakteri atau virus yang menempel di tangan Anda. Disarankan untuk mencuci tangan sebelum makan, setelah makan, sebelum keluar rumah, dan setelah menggunakan kamar kecil.

 



Klinik Utama Dharmahusada Premier merupakan klinik Utama yang berlokasi di area Dharmahusada. Dengan seluruh tenaga medis profesional, Klinik Utama Dharmahusada Premier menghadirkan pelayanan komprehensif yang meliputi perawatan promotif, preventif, dan kuratif. Segala tindakan medis ditangani oleh tenaga medis ahli dan berpengalaman, serta menggunakan teknologi yang modern.



Social Media


Facebook

www.facebook.com/dhpclinic


Twitter

@dhpcclinic


Instagram

@dhpclinic



Hubungi Kami


Whatsapp

085233664118


Telepon

(031)5921101


Email

klinik.dharmahusadapremier@gmail.com


Copyright by Markbro 2024. All rights reserved.