Senin - Jumat07:00-21:00Sabtu07:00-13:00Hubungi kami+0315921101

Ingin Bisa Rutin Olahraga, Berikut Caranya!

Ingin Bisa Rutin Olahraga, Berikut Caranya!

December 14, 2023 by admin ku
artikel-2023-12-14T144457.820.png

Memulai kebiasaan baru mungkin sulit, meskipun dokter Anda menyarankannya karena Anda menderita penyakit tertentu. Padahal olahraga merupakan cara terbaik untuk melindungi diri dari berbagai penyakit.

Menurut American Heart Association (AHA), orang dewasa harus melakukan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik intensitas sedang per minggu, 75 menit latihan aerobik intensitas kuat per minggu, atau kombinasi keduanya. Bersepeda, berenang, lari di tempat, jogging, sepak bola, bulu tangkis, naik turun tangga, dan melakukan gerakan tubuh tertentu seperti jumping jack, angkat beban, squat, push up, dan mendaki gunung merupakan contoh olahraga ringan. dilakukan di rumah.

 

Berikut Ini Tips Membentuk Kebisasaan Berolahraga

Berolahraga menurut panduan ahli mungkin sulit dilakukan, apalagi jika Anda belum pernah berolahraga sebelumnya. Orang tidak berolahraga karena berbagai alasan, antara lain kurangnya waktu, pekerjaan yang menumpuk, kebencian terhadap olahraga, biaya olahraga, sulitnya berolahraga, kurangnya peralatan olahraga, dan kurangnya motivasi.

Oleh karena itu, olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik. Berikut beberapa teknik untuk mengatasi perasaan lesu dan kesulitan berolahraga:

  • Tentukan alasan Anda berolahraga dan tujuan Anda
    Memulai dengan tujuan akhir akan membantu kita memahami apa yang kita lakukan dan akan menginspirasi serta memotivasi kita untuk berolahraga. Menentukan mengapa Anda harus memulai mungkin juga mendorong Anda untuk terus berolahraga meskipun Anda merasa bosan selama proses tersebut.
  • Buatlah rutinitas olahraga teratur
    Konsistensi adalah kunci untuk mengembangkan kebiasaan. Jadikan olah raga ke dalam agenda mingguan Anda sebagai prioritas untuk menciptakan suatu kebiasaan, sehingga dengan program yang matang, tubuh kita sejak awal menyadari bahwa kita mempunyai kewajiban untuk olah raga dengan jadwal yang sudah ditentukan. Disarankan agar Anda membuat jadwal tertulis agar Anda dapat menggerakkan tubuh secara tidak langsung untuk melaksanakannya.
  • Mulailah dengan hal-hal mendasar
    Banyak orang menyerah sebelum memulai karena takut gagal dalam kebugaran. Akibatnya, seseorang akan merasa terbebani sebelum melakukan aktivitas fisik. Mulailah dengan hal-hal kecil dan sederhana; tidak perlu menjadikan tujuan kebugaran Anda besar dan sempurna. Langkah-langkah kecil yang konsisten akan menanamkan dorongan untuk melakukan tugas-tugas kecil satu per satu sampai tujuan tercapai tanpa disadari. Menetapkan tujuan dasar, seperti berolahraga 5 menit setiap hari, akan membuat olahraga terasa lebih bisa dilakukan.
  • Hindari penggunaan istilah “harus, harus”, dan “sempurna”
    Kekakuan dan perfeksionisme adalah musuh terburuk kita dalam hal kebugaran. Kita harus menyadari bahwa membentuk kebiasaan merupakan proses yang tidak dapat diselesaikan dalam satu hari jika kita ingin segala sesuatunya berjalan lancar. Jadi, jika Anda memulai rutinitas olahraga dan kesulitan mencapai tujuan, bukan berarti keinginan Anda untuk berolahraga telah hilang. Gagal atau berhenti berolahraga adalah hal yang wajar; Namun demikian, kita akan lebih siap untuk menciptakan kebiasaan berolahraga jika kita melakukannya secara bertahap dan tanpa harus menyelesaikan semuanya sekaligus. Selain itu, jadikan olahraga sebagai hobi yang realistis dan bisa dilakukan; tidak perlu membeli peralatan mahal, dan berolahraga di tempat yang luas.
  • Gabungkan dengan sesuatu yang menyenangkan
    Olahraga seharusnya cukup menyenangkan agar kita ingin berpartisipasi lagi dan lagi. Berlari sambil mendengarkan musik, bersepeda sambil menonton TV, atau berolahraga bersama teman atau keluarga merupakan contoh bentuk olahraga yang menyenangkan. Ketika olahraga dikaitkan dengan sesuatu yang Anda sukai, itu tidak lagi terasa seperti sebuah kewajiban; sebaliknya, itu menjadi prioritas yang Anda nantikan.
  • Perlu waktu untuk mengembangkan kebiasaan sabar
    Saat berolahraga, Anda tidak akan mencapai dampak yang diharapkan hanya dalam satu atau dua kali percobaan; Anda bahkan mungkin merasa bosan di tengah-tengahnya, yang tidak akan berdampak baik dan hanya akan melelahkan tubuh Anda. Berikan waktu pada tubuh Anda untuk bereaksi dan memproses, dan lakukan secara perlahan pada awalnya. Fokus pada proses daripada hasil akhir.
  • Kenali batasan Anda
    Berfokuslah pada pencapaian Anda sendiri daripada membandingkannya dengan pencapaian orang lain saat Anda pertama kali mulai berolahraga. Anda juga harus menghubungi dokter jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan penyakit tertentu seperti gagal jantung, hipertensi, atau nyeri sendi. Pembatasan lainnya dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, dan kebugaran pribadi. Oleh karena itu, setiap orang harus menyadari keterbatasan fisiknya.


Klinik Utama Dharmahusada Premier merupakan klinik Utama yang berlokasi di area Dharmahusada. Dengan seluruh tenaga medis profesional, Klinik Utama Dharmahusada Premier menghadirkan pelayanan komprehensif yang meliputi perawatan promotif, preventif, dan kuratif. Segala tindakan medis ditangani oleh tenaga medis ahli dan berpengalaman, serta menggunakan teknologi yang modern.



Social Media


Facebook

www.facebook.com/dhpclinic


Twitter

@dhpcclinic


Instagram

@dhpclinic



Hubungi Kami


Whatsapp

085233664118


Telepon

(031)5921101


Email

klinik.dharmahusadapremier@gmail.com


Copyright by Markbro 2024. All rights reserved.