Senin - Jumat07:00-21:00Sabtu07:00-13:00Hubungi kami+0315921101

Biji Chia Ternyata Bermanfaat Bagi Tubuh, Apa Sajakah Manfaatnya?

Biji Chia Ternyata Bermanfaat Bagi Tubuh, Apa Sajakah Manfaatnya?

November 22, 2023 by admin ku
artikel-2023-11-22T110042.131.png

Biji chia merupakan salah satu jenis biji-bijian yang sering dimasukkan ke dalam makanan dan minuman. Meskipun ukurannya kecil, biji chia tampaknya memiliki manfaat kesehatan yang besar. Biji chia telah terbukti membantu penurunan berat badan, pengendalian gula darah, dan pencegahan penyakit tertentu.

Apa Saja Kandungan Biji Chia

Biji chia kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan seseorang. Hidangan ini terkenal dengan kandungan seratnya yang kaya sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Biji chia tinggi serat dan bebas gluten, namun juga mengandung nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Berikut nutrisi yang mungkin terdapat dalam 100 gram chia seed:

  • Kalori: 534 kkal.
  • Lemak: 42,16 gr.
  • Karbohidrat: 28,88 gr.
  • Serat: 27,3 gr.
  • Protein: 18,29 gr.
  • Air: 6,96 gr.
  • Magnesium: 392 mg.
  • Kalsium: 255 mg.

 

Apa Saja Manfaatnya

  • Mengurangi berat badan Anda
    Biji chia kaya akan protein dan dapat membantu mengurangi rasa lapar atau keinginan untuk ngemil di antara waktu makan. Kandungan serat yang tinggi pada biji chia dapat membantu menghasilkan efek kenyang yang berkepanjangan.
  • Mempertahankan Kadar Gula Darah Normal
    Biji chia diketahui dapat membantu mencegah kenaikan kadar gula darah dalam tubuh sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes dan menurunkan risiko diabetes tipe 2. Biji jenis ini dapat meningkatkan sensitivitas insulin sehingga kadar gula darah lebih teratur dan stabil setelah makan.
  • Mengurangi risiko penyakit jantung dan tekanan darah.
    Biji chia juga tampaknya bermanfaat bagi penderita hipertensi. Hal ini diperkuat dengan penelitian yang menunjukkan chia seed baik dalam menurunkan tekanan darah. Tekanan darah yang normal dalam tubuh dapat menurunkan peluang seseorang terkena penyakit jantung.
  • Menjaga Kesehatan Tulang Anda
    Biji chia mengandung fosfat, kalsium, protein, dan magnesium yang semuanya terbukti bermanfaat bagi kesehatan tulang. Mengonsumsi chia seed setiap hari sesuai dosis mungkin bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan tulang sejak dini dan terhindar dari osteoporosis. Namun, Anda juga harus memeriksa kadar asam fitat dalam biji chia, karena asam fitat dapat mengganggu penyerapan mineral seperti kalsium dalam tubuh.
  • Memerangi Radikal Bebas
    Biji chia mengandung antioksidan seperti asam klorogenat, kaempferol, dan quercetin, yang membantu tubuh melawan radikal bebas. Perlu diingat bahwa radikal bebas dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan menyebabkan sel kanker berkembang biak di dalam tubuh.
  • Menjaga Sistem Pencernaan Tetap Sehat
    Biji chia juga bermanfaat untuk sistem pencernaan karena kandungan serat dan karbohidrat kompleksnya yang tinggi. Bahan ini dapat membantu dalam pencegahan masalah pencernaan seperti sembelit.
  • Meningkatkan Kesehatan Kulit
    Kandungan antioksidan kuat pada chia seed juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Biji chia dikatakan mengandung efek antioksidan dan anti-inflamasi, serta menjadi sumber asam lemak omega-3 yang dapat digunakan sebagai agen anti penuaan untuk melawan penuaan kulit.


Klinik Utama Dharmahusada Premier merupakan klinik Utama yang berlokasi di area Dharmahusada. Dengan seluruh tenaga medis profesional, Klinik Utama Dharmahusada Premier menghadirkan pelayanan komprehensif yang meliputi perawatan promotif, preventif, dan kuratif. Segala tindakan medis ditangani oleh tenaga medis ahli dan berpengalaman, serta menggunakan teknologi yang modern.



Social Media


Facebook

www.facebook.com/dhpclinic


Twitter

@dhpcclinic


Instagram

@dhpclinic



Hubungi Kami


Whatsapp

085233664118


Telepon

(031)5921101


Email

klinik.dharmahusadapremier@gmail.com


Copyright by Markbro 2024. All rights reserved.