Senin - Jumat07:00-21:00Sabtu07:00-13:00Hubungi kami+0315921101

Probiotik Alami dalam Makanan Sehari-hari yang Wajib Kamu Coba

Probiotik Alami dalam Makanan Sehari-hari yang Wajib Kamu Coba

October 28, 2024 by admin ku
artikel-43.png

Makanan probiotik mudah ditemukan; beberapa di antaranya bahkan dapat ditemukan dan dikonsumsi setiap hari, seperti tempe, acar, dan tapai. Ada banyak makanan lain yang mengandung probiotik dan bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Bakteri baik yang hidup di usus dikenal sebagai Mikrobiota. Probiotik yang paling umum adalah bakteri Lactobacillus dan Bifidobacterium. Setiap bakteri ini memiliki fungsi dan dampak yang berbeda pada tubuh. Misalnya, Lactobacillus meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi kadar kolesterol tinggi, dan bertindak sebagai antikanker.

Untuk mendapatkan manfaat dari Lactobacillus dan bakteri bermanfaat lainnya, Anda perlu menjaga keseimbangan bakteri dalam saluran pencernaan Anda. Hal ini dapat dicapai dengan mengonsumsi makanan probiotik, cara yang paling mudah. Dengan demikian, tubuh Anda akan tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

 

Makanan Probiotik yang Tersedia dengan Mudah

Makanan yang mengandung probiotik disimpan atau difermentasi dengan ragi atau bakteri. Mengonsumsi makanan ini secara tidak langsung membantu menjaga kekebalan tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat mengonsumsi makanan probiotik, termasuk yang paling sederhana didapat:

Tempe

Tempe adalah makanan probiotik yang berasal dari Indonesia yang difermentasi dengan jamur Rhizopus oligosporus dari kedelai rebus. Ini bahkan telah terbukti bermanfaat untuk pencernaan. Tempe juga dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri Bifidobacterium, bakteri yang mampu menjaga kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan saluran pencernaan, dan mengobati penyakit seperti eksim, diare, dan sembelit.

Tape singkong

Tape adalah makanan probiotik yang paling mudah didapatkan. Ini dibuat melalui proses fermentasi, yang menggabungkan bahan kimia dan bakteri Lactobacillus, Lactococcus, Leuconostoc, dan Pediococus. Tape singkong, serta jenis tapai lain, adalah pilihan makanan probiotik yang lezat dan menyehatkan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan organ pencernaan.

Acar

Acar, yang diolah melalui proses fermentasi dan mengandung probiotik yang baik untuk tubuh, berbeda dengan tempe dan tapai yang difermentasi dengan ragi; acar difermentasi menggunakan larutan garam dan air. Salah satu makanan yang difermentasi dengan cara ini adalah sauerkraut. Biasanya, acar dimasukkan ke dalam toples dan didiamkan dalam jangka waktu tertentu setelah dilarutkan dengan air garam. Proses fermentasi menghasilkan reaksi kimia antara bakteri dan bahan alami sayuran, yang menghasilkan asam laktat. Probiotik yang penting untuk menjaga usus dan saluran pencernaan tersedia dari acar yang diawetkan ini.

Yoghurt

Yoghurt, yang terbuat dari susu yang difermentasi dengan probiotik salah satunya adalah asam laktat dan bifidobakteri adalah sumber probiotik lain yang dapat Anda konsumsi dengan mudah. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi diare dan sembelit, dan menjaga kesehatan tulang adalah beberapa manfaat dari bakteri yang baik dalam probiotik ini. Ingatlah bahwa makanan probiotik ini mengandung banyak gula. Baca label yoghurt sebelum membeli. Jika Anda memiliki intoleransi laktosa, hindari makanan probiotik ini.

Kefir

Kefir, seperti yogurt, adalah susu yang difermentasi dengan bakteri sehingga menjadi makanan probiotik. Proses pembuatan hanyalah yang membedakan keduanya. Untuk membuat kefir, susu sapi atau kambing yang sudah difermentasi digunakan, lalu biji kefir ditambahkan. Bakteri asam laktat dan ragi yang terkandung dalam biji ini membantu kesehatan organ pencernaan, seperti mengatasi sembelit, mengoptimalkan pencernaan makanan, menurunkan kolesterol, dan menurunkan berat badan.

Keju

Probiotik juga dapat ditemukan dalam keju yang difermentasi. Namun, tidak semua jenis keju difermentasi mengandung probiotik. Gouda, cottage cheese, cheddar, dan mozzarella adalah satu-satunya jenis keju yang mengandung probiotik. Keju adalah sumber protein, kalsium, fosfor, dan vitamin K yang tinggi, dan mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar dapat mengurangi risiko terkena osteoporosis dan penyakit jantung.

 

Jika Anda mengalami gangguan kesehatan dan membutuhkan pengobatan segera, Anda bisa kunjungi Klinik Dharmahusada Premier untuk mendapatkan pengobatan dan penanganan yang Anda butuhkan.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa hubungi kami di:

  • 0315921101
  • 085233664118

Atau Anda bisa kunjungi Klinik Dharmahusada Premier di Jl. Raya Dharma Husada Indah No.26, Mojo, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60285



Klinik Utama Dharmahusada Premier merupakan klinik Utama yang berlokasi di area Dharmahusada. Dengan seluruh tenaga medis profesional, Klinik Utama Dharmahusada Premier menghadirkan pelayanan komprehensif yang meliputi perawatan promotif, preventif, dan kuratif. Segala tindakan medis ditangani oleh tenaga medis ahli dan berpengalaman, serta menggunakan teknologi yang modern.



Social Media


Facebook

www.facebook.com/dhpclinic


Twitter

@dhpcclinic


Instagram

@dhpclinic



Hubungi Kami


Whatsapp

085233664118


Telepon

(031)5921101


Email

klinik.dharmahusadapremier@gmail.com


Copyright by Markbro 2024. All rights reserved.