Senin - Jumat07:00-21:00Sabtu07:00-13:00Hubungi kami+0315921101

Susah Buang Air Besar? Ini Penyebab Utama dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Susah Buang Air Besar? Ini Penyebab Utama dan Cara Ampuh Mengatasinya!

October 22, 2024 by admin ku
artikel-34.png

Sembelit dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari gaya hidup yang tidak sehat hingga penggunaan obat-obatan tertentu. Karena banyaknya penyebab, penting untuk mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan sembelit agar Anda dapat mengatasinya dengan benar.

Konstipasi adalah istilah medis untuk kesulitan buang air besar atau sembelit. Kondisi ini disebabkan oleh penurunan frekuensi buang air besar (BAB). Frekuensi BAB setiap orang berbeda-beda, jadi tidak ada standar untuk berapa kali orang biasanya buang air besar dalam sehari atau seminggu.

Namun, jika Anda mengalami kesulitan buang air besar selama lebih dari tiga hari atau jika Anda buang air besar kurang dari tiga kali seminggu, Anda harus mencari obat sembelit yang tepat.

 

Faktor yang Menyebabkan Sulit Buang Air Besar

Beberapa kondisi medis yang sering menyebabkan masalah buang air besar termasuk:

Hidup tidak sehat

Sulit buang air besar dapat disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, seperti kurangnya serat atau cairan. Perubahan pola makan dan terlalu banyak mengonsumsi produk olahan susu juga bisa menjadi penyebab konstipasi. Konstipasi tidak hanya disebabkan oleh makanan tertentu yang dikonsumsi, tetapi juga masalah makan yaitu kurangnya konsumsi serat harian, kurangnya olahraga, atau kurangnya bergerak, dan juga kurang minum air putih.

Hamil

Selama kehamilan, sekitar 40% wanita hamil mengalami konstipasi, terutama pada trimester pertama kehamilan, karena tubuh menghasilkan lebih banyak hormon progesteron, yang melemahkan otot-otot tubuh, termasuk otot usus, sehingga sulit untuk berkontraksi. Sulit buang air besar saat hamil biasanya tidak berbahaya. Namun, jika susah buang air besar disertai dengan gejala lain, seperti nyeri perut atau keluar darah saat BAB, Anda harus memeriksakan diri ke dokter.

Menunda waktu buang air besar

Ketika seseorang merasa ingin buang air besar, beberapa orang, baik anak-anak maupun orang dewasa, sering menunda untuk pergi ke toilet. Perilaku menunda ini dapat menjadi salah satu alasan mengapa Anda mengalami kesulitan buang air besar. Oleh karena itu, jika Anda telah menerima “panggilan alam” ini, jangan lagi menunda.

Pengaruh obat

Efek samping obat tertentu, seperti susah buang air besar, dapat terjadi karena mengonsumsi obat-obatan tertentu. Obat-obatan tersebut termasuk suplemen kalsium dan zat besi, obat antiepilepsi dan antidepresan, obat diare, obat diuretik, dan obat pereda nyeri yang termasuk dalam golongan narkotik, seperti morfin. Selain itu, susah buang air besar juga bisa disebabkan oleh penggunaan obat laksatif atau obat untuk mengatasi masalah pencernaan.

Kondisi kesehatan tertentu

Sulit buang air besar, meskipun jarang terjadi, bisa disebabkan oleh diabetes, sindrom iritasi usus besar, hiperkalsemia atau kelebihan kalsium dalam darah, dan kelenjar tiroid yang kurang aktif. Selain itu, penyakit radang usus, kanker usus besar, atau kelainan saraf seperti multiple sclerosis, stroke, penyakit Parkinson, atau cedera saraf tulang belakang juga dapat menyebabkan konstipasi.

Psikologis

Faktor lain yang dapat menyebabkan susah buang air besar adalah gangguan psikologis, seperti stres, kecemasan, depresi, trauma kekerasan, atau pelecehan seksual.

 

Cara Mengatasi Buang Air Besar yang Sulit

Karena penyebab buang air besar setiap orang berbeda, metode untuk mengatasi buang air besar juga berbeda. Namun, sebagian besar orang dapat mengatasi konstipasi dengan mengubah gaya hidup mereka. Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  • Untuk mencegah dehidrasi dan melunakkan tekstur tinja, penuhi kebutuhan air putih.
  • Perbanyak konsumsi makanan berserat, seperti sereal, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran.
  • Perbanyak berjalan kaki secara teratur selama minimal lima belas menit.
  • Jika Anda mulai merasa ingin buang air besar, jangan pernah menunda untuk pergi ke toilet.

Untuk mengatasi masalah BAB, Anda juga bisa mengonsumsi minuman herbal yang mengandung serat plantago dan daun senna. Minuman herbal ini membantu pencernaan Anda dan mengatasi masalah BAB atau sembelit tanpa menyebabkan sakit perut yang berlebihan.

Minuman mengandung herbal dan tinggi serat ini dianggap lebih aman daripada obat pelancar BAB karena mengurangi rasa mulas dan membuat perut lebih lega, sehingga Anda tidak begah lagi. Selain itu, penggunaan obat pelancar BAB dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan usus tersumbat, yang mengurangi kemampuan usus untuk bekerja dengan baik.

Jika Anda ingin mengonsumsi suplemen serat pada malam hari, pastikan untuk melakukannya saat Anda tidur. Serat alami dalam suplemen ini akan menyerap air dari saluran pencernaan Anda, membuat kotoran lebih padat, lunak, dan mudah dikeluarkan keesokan harinya.

 

Jika Anda mengalami gangguan kesehatan dan membutuhkan pengobatan segera, Anda bisa kunjungi Klinik Dharmahusada Premier untuk mendapatkan pengobatan dan penanganan yang Anda butuhkan.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa hubungi kami di:

  • 0315921101
  • 085233664118

Atau Anda bisa kunjungi Klinik Dharmahusada Premier di Jl. Raya Dharma Husada Indah No.26, Mojo, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60285



Klinik Utama Dharmahusada Premier merupakan klinik Utama yang berlokasi di area Dharmahusada. Dengan seluruh tenaga medis profesional, Klinik Utama Dharmahusada Premier menghadirkan pelayanan komprehensif yang meliputi perawatan promotif, preventif, dan kuratif. Segala tindakan medis ditangani oleh tenaga medis ahli dan berpengalaman, serta menggunakan teknologi yang modern.



Social Media


Facebook

www.facebook.com/dhpclinic


Twitter

@dhpcclinic


Instagram

@dhpclinic



Hubungi Kami


Whatsapp

085233664118


Telepon

(031)5921101


Email

klinik.dharmahusadapremier@gmail.com


Copyright by Markbro 2024. All rights reserved.