Senin - Jumat07:00-21:00Sabtu07:00-13:00Hubungi kami+0315921101

Mengapa Gula Darah Tinggi Berbahaya? Simak Efeknya!

Mengapa Gula Darah Tinggi Berbahaya? Simak Efeknya!

October 14, 2024 by admin ku
artikel-18.png

Gula darah tinggi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan banyak masalah dan bahkan komplikasi pada organ tubuh, jadi penting bagi penderita diabetes untuk memperhatikan efek gula darah tinggi. Jika masalah ini terdeteksi terlalu dini, bahkan bisa menjadi lebih sulit untuk ditangani.

Hiperglikemia adalah kondisi ketika kadar gula darah meningkat lebih tinggi dari normal. Ini dapat terjadi karena tubuh tidak menghasilkan cukup hormon insulin, yang bertanggung jawab untuk menyeimbangkan kadar gula darah. Penderita diabetes paling sering mengalami peningkatan kadar gula darah ini.

Gula darah tinggi dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan jika tidak ditangani. Meskipun efek gula darah tinggi mungkin tidak terlihat pada awalnya, pada akhirnya mereka akan muncul, seperti merasa haus dan sering buang air kecil. Gula darah tinggi bahkan dapat menyebabkan masalah kesehatan pada beberapa organ tubuh jika dibiarkan dalam jangka panjang.

 

Beberapa Akibat Gula Darah Tinggi

Ketika kadar gula darah puasa melebihi 100 mg/dL atau 180 mg/dL dua jam setelah makan, itu disebut hiperglikemia. Ini dapat menyebabkan banyak keluhan hingga komplikasi kesehatan yang berbahaya.

Efek gula darah tinggi adalah sebagai berikut:

Sering merasa haus

Peningkatan kadar gula darah biasanya menyebabkan rasa haus yang cepat. Ini karena penumpukan glukosa dalam darah menyebabkan ginjal bekerja lebih keras untuk menyerap gula berlebih. Akibatnya, lebih banyak cairan tubuh diserap dan dibuang melalui urine. Salah satu gejala diabetes yang harus diperhatikan adalah haus yang lebih cepat daripada biasanya karena kekurangan cairan tubuh.

Sering mengeluarkan air kecil

Salah satu efek gula darah tinggi lainnya adalah sering buang air kecil. Ini karena ginjal harus bekerja keras untuk mengeluarkan gula dan air yang berlebihan dari darah dan air saat Anda haus melalui urine. Gula darah tinggi, yang biasanya dialami oleh penderita diabetes, bahkan dikhawatirkan dapat merusak ginjal dan kandung kemih, yang menyebabkan Anda lebih sering buang air kecil.

Bibir dan mulut kering

Gula darah tinggi juga menyebabkan mulut dan bibir menjadi kering dan pecah-pecah dengan cepat, terutama di sudut bibir, yang meningkatkan risiko infeksi karena penurunan jumlah cairan atau air liur di dalam mulut. Gula darah tinggi juga dapat menyebabkan gusi kering dan bengkak, serta sering muncul sariawan di mulut.

Penglihatan yang kabur

Kadar gula darah tinggi juga dapat menyebabkan penglihatan menjadi kabur. Ini karena gula darah tinggi menarik cairan dari jaringan tubuh, termasuk lensa mata, yang mengurangi kemampuan mata untuk fokus. Gula darah tinggi juga dapat merusak pembuluh darah di bagian belakang mata, yang dikenal sebagai retina. Akibatnya, hal ini dapat mengganggu penglihatan dan bahkan menyebabkan kebutaan.

Masalah kulit

Masalah kulit seperti ruam, kering, dan gatal dapat disebabkan oleh gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol, terutama pada penderita diabetes. Ini karena gula darah yang tinggi dapat mengganggu aliran darah ke jaringan kulit, menyebabkan kulit kekurangan oksigen dan nutrisi, yang membuatnya lebih mudah rusak. Selain itu, gula darah tinggi membuat kuman dan jamur lebih mudah berkembang biak di seluruh tubuh, termasuk di kulit. Akibatnya, infeksi kulit dapat terjadi di area seperti tangan, kaki, siku, selangkangan, dan leher.

Luka di kaki yang sering muncul

Jika kadar gula darah atau glukosa tinggi tidak ditangani dengan segera, itu dapat merusak jaringan kulit dan menyebabkan luka yang sulit sembuh. Kaki adalah salah satu area tubuh yang paling rentan terhadap luka dan infeksi akibat gula darah tinggi. Efek gula darah tinggi ini dapat menyebabkan ulkus di kaki jika tidak segera diobati. Ulkus di kaki akibat diabetes cenderung sulit diobati ketika sudah parah. Dokter kadang-kadang harus melakukan amputasi untuk mencegah infeksi menyebar ke area lain.

Berat badan menurun

Efek gula darah tinggi juga termasuk penurunan berat badan yang tidak terduga. Hal ini bahkan bisa menjadi tanda diabetes tipe 1 atau tipe 2. Hormon insulin tubuh tidak dapat mengontrol glukosa dalam darah dan mengubahnya menjadi energi. Hal ini menyebabkan penurunan berat badan yang tak terduga karena tubuh membakar lemak untuk menghasilkan energi. Diabetes yang sudah menahun biasanya mengalami efek ini.

Mudah untuk lelah

Salah satu efek gula darah tinggi yang paling umum terjadi pada tubuh penderita diabetes adalah kelelahan diabetes, yang terjadi ketika tubuh tidak mampu memproduksi insulin untuk menyeimbangkan gula darah atau ketika insulin tidak dapat mengubah glukosa menjadi energi.  Jika Anda sering buang air kecil, Anda juga dapat menjadi mudah lelah dan mengantuk karena hal tersebut.

Cepat lapar

Selain mudah lelah, efek gula darah tinggi yang paling umum adalah cepat merasa lapar. Ini karena kekurangan insulin membuat tubuh tidak mampu mengubah glukosa atau gula darah menjadi energi, sehingga rasa lapar dapat meningkat karena tubuh kekurangan kalori atau energi.

Gangguan saraf

Gula darah tinggi juga dapat menyebabkan neuropati diabetik, yang biasanya terjadi pada penderita diabetes dengan komplikasi sebelumnya. Sistem saraf mengalami kerusakan yang mengganggu fungsinya. Dinding pembuluh darah yang memberikan nutrisi dan oksigen kepada saraf dapat melemah karena kadar gula darah tinggi.

Gangguan ginjal

Penyakit ginjal dapat disebabkan oleh kadar gula dalam darah yang tinggi karena ginjal harus bekerja lebih keras untuk menyeimbangkan dan mengeluarkan gula berlebih. Selain itu, kadar gula dalam darah yang tinggi juga dapat menyebabkan pembuluh darah di ginjal menjadi lebih mudah pecah, yang pada gilirannya mengganggu fungsi ginjal.

Gangguan ereksi

Ini adalah salah satu efek gula darah tinggi yang harus diperhatikan. Pada pria, gula darah tinggi yang tidak terkontrol dapat merusak pembuluh darah dan saraf di seluruh tubuh, termasuk di organ intim, yang dapat menyebabkan disfungsi ereksi.

Meski umumnya terjadi pada penderita diabetes, berbagai efek gula darah tinggi di atas tidak menutup kemungkinan juga dialami oleh orang dengan tingkat gula darah normal. Untuk memastikan adanya lonjakan kadar gula darah dalam tubuh, Anda dapat menjalani pemeriksaan ke dokter.

 

Jika Anda mengalami gangguan kesehatan dan membutuhkan pengobatan segera, Anda bisa kunjungi Klinik Dharmahusada Premier untuk mendapatkan pengobatan dan penanganan yang Anda butuhkan.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa hubungi kami di:

  • 0315921101
  • 085233664118

Atau Anda bisa kunjungi Klinik Dharmahusada Premier di Jl. Raya Dharma Husada Indah No.26, Mojo, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60285



Klinik Utama Dharmahusada Premier merupakan klinik Utama yang berlokasi di area Dharmahusada. Dengan seluruh tenaga medis profesional, Klinik Utama Dharmahusada Premier menghadirkan pelayanan komprehensif yang meliputi perawatan promotif, preventif, dan kuratif. Segala tindakan medis ditangani oleh tenaga medis ahli dan berpengalaman, serta menggunakan teknologi yang modern.



Social Media


Facebook

www.facebook.com/dhpclinic


Twitter

@dhpcclinic


Instagram

@dhpclinic



Hubungi Kami


Whatsapp

085233664118


Telepon

(031)5921101


Email

klinik.dharmahusadapremier@gmail.com


Copyright by Markbro 2024. All rights reserved.