Senin - Jumat07:00-21:00Sabtu07:00-13:00Hubungi kami+0315921101

Kepala Sering Pusing? Ini Nih Tips Mengatasinya!

Kepala Sering Pusing? Ini Nih Tips Mengatasinya!

January 2, 2024 by admin ku
artikel-2024-01-02T141622.467.png

Pusing merupakan kondisi di mana kepala terasa berputar dan tubuh kehilangan keseimbangan. Selain itu, pusing seringkali disertai gejala tambahan seperti rasa melayang, akan pingsan, dan lemas.

Meski penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya, sakit kepala yang berkepanjangan tidak boleh diabaikan. Anda dapat menggunakan beberapa strategi untuk mengatasi sakit kepala yang sering terjadi untuk memastikan masalah ini ditangani dengan cepat dan tidak terulang kembali.

 

Tips Mengatasi Kepala Sering Pusing

  • Berbaring
    Berbaring selama beberapa detik dapat membantu mengatasi sakit kepala berulang. Karena berbaring membuat aliran darah ke otak menjadi lebih lancar, rasa pusing pun cepat berlalu.
    Anda bisa berbaring di ruangan dengan pencahayaan rendah. Setelah itu, pejamkan mata dan tarik napas dalam-dalam dengan tenang. Cobalah untuk rileks dan menenangkan pikiran saat berbaring.
  • Bergerak perlahan
    Sebagai anjuran untuk sakit kepala biasa, bergeraklah perlahan sambil berpegangan pada benda besar, seperti dinding, jika Anda merasa pusing saat beraktivitas. Gerakan berlebihan bisa menyebabkan tekanan darah menurun sehingga membuat Anda pusing atau pingsan.
  • Konsumsi cairan tubuh yang cukup
    Salah satu penyebab sakit kepala berulang adalah kekurangan cairan tubuh (dehidrasi). Saat Anda dehidrasi, tekanan darah Anda turun sehingga menyebabkan aliran darah ke otak menjadi kurang lancar. Hal ini dapat mengakibatkan pusing. Penuhi cairan tubuh dengan minum minimal 8 gelas atau 2 liter air setiap hari sebagai anjuran sakit kepala berulang akibat dehidrasi. Selain air putih, Anda bisa meminum jus buah tanpa tambahan gula atau mengonsumsi buah yang penuh serat dan tinggi kandungan air.
  • Kurangi asupan kopi, alkohol, dan garam
    Kafein, alkohol, serta makanan dan minuman yang mengandung garam dapat memperparah pusing. Pasalnya, ketiga komponen tersebut memiliki efek diuretik yang menyebabkan tubuh sering buang air kecil. Akibatnya, cairan dan garam tubuh akan lebih banyak dikeluarkan, dan tubuh bisa mengalami dehidrasi. Hal ini mungkin menyebabkan tekanan darah turun, sehingga menyebabkan pusing.
  • Istirahat yang cukup
    Strategi lain untuk mengatasi sakit kepala biasa adalah dengan istirahat yang cukup, terutama jika Anda beraktivitas seharian. Orang dewasa sebaiknya tidur 7-9 jam setiap malam. Selain mendapatkan tidur yang cukup, Anda juga perlu mendapatkan tidur yang berkualitas.
  • Berolahragalah secara teratur.
    Kekakuan otot akibat kurang aktivitas mungkin bisa menyebabkan seringnya sakit kepala. Meskipun olahraga teratur meningkatkan aliran darah, kemungkinan rasa pusing yang berkepanjangan dapat diturunkan. Strategi meredakan sakit kepala ini dapat membantu meningkatkan produksi endorfin sehingga membuat tubuh terasa lebih tenang dan aliran darah lebih lancar.
  • Makanlah secara teratur.
    Makan terlambat juga bisa menyebabkan pusing. Pasalnya, terlambat makan menyebabkan tubuh kehabisan gula darah dan energi. Sebagai upaya pencegahan sakit kepala berulang, usahakan makan minimal tiga kali sehari agar tubuh mendapat banyak nutrisi. Jika Anda tidak punya waktu makan karena terlalu sibuk bekerja, camilanlah buah-buahan, roti gandum, atau yoghurt di sela-sela waktu makan.
  • Konsumsilah makanan yang menyehatkan
    Asupan makanan yang cukup bagi tubuh juga menjadi salah satu obat sakit kepala kambuhan. Tubuh akan memperoleh energi yang dibutuhkan untuk menjalankan tugas jika mendapat asupan makanan yang cukup.
  • Pemanfaatan minyak esensial
    Minyak atsiri memberikan beberapa manfaat kesehatan, termasuk meredakan pusing. Karena aroma minyak esensial yang menenangkan akan membantu meredakan sakit kepala. Lavender, pepermin, dan kamomil hanyalah beberapa minyak esensial yang dapat membantu mengatasi pusing.
  • Minum obat
    Jika cara di atas tidak berhasil, Anda bisa mengonsumsi obat pusing, seperti diphenhydramine dan betahistine. Obat ini bisa digunakan untuk mengatasi pusing akibat penyakit Meniere, namun hanya dengan resep dokter.


Klinik Utama Dharmahusada Premier merupakan klinik Utama yang berlokasi di area Dharmahusada. Dengan seluruh tenaga medis profesional, Klinik Utama Dharmahusada Premier menghadirkan pelayanan komprehensif yang meliputi perawatan promotif, preventif, dan kuratif. Segala tindakan medis ditangani oleh tenaga medis ahli dan berpengalaman, serta menggunakan teknologi yang modern.



Social Media


Facebook

www.facebook.com/dhpclinic


Twitter

@dhpcclinic


Instagram

@dhpclinic



Hubungi Kami


Whatsapp

085233664118


Telepon

(031)5921101


Email

klinik.dharmahusadapremier@gmail.com


Copyright by Markbro 2024. All rights reserved.