Senin - Jumat07:00-21:00Sabtu07:00-13:00Hubungi kami+0315921101

Yuk, Kenali Bagaimana Menangani Patah Pergelangan Tangan

Yuk, Kenali Bagaimana Menangani Patah Pergelangan Tangan

December 8, 2023 by admin ku
artikel-2023-12-08T102147.961.png

Patah tulang pergelangan tangan adalah terputusnya kontinuitas jaringan tulang yang disebabkan oleh benturan. Hal ini dapat terjadi pada tulang, lempeng epifisis, atau permukaan sendi tulang rawan. Fraktur mengacu pada distorsi atau diskontinuitas tulang yang disebabkan oleh benturan yang lebih besar dari kekuatan tulang, sehingga dapat merusak jaringan lunak di sekitarnya. Mayoritas patah tulang disebabkan oleh stres akibat ketidakmampuan tulang menahan gaya pembengkokan, puntiran, dan tarikan. Pergelangan tangan yang retak umumnya menyebabkan rasa sakit yang luar biasa, diikuti dengan pembengkakan dan memar.

 

Bagaimana Cara Penanganan Patah Pergelangan Tangan

Untuk pengobatannya, Seorang dokter akan memberikan perawatan untuk patah pergelangan tangan di rumah sakit. Namun, sebelum bepergian ke rumah sakit, pasien mungkin melakukan langkah pertolongan pertama berikut:

  • Untuk menghindari pergeseran tulang dan mempercepat penyembuhan, batasi pergerakan tangan yang patah.
  • Untuk meminimalkan pembengkakan dan ketidaknyamanan, tempelkan kompres es pada pergelangan tangan.
  • Jika rasa sakitnya tidak tertahankan, carilah obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti parasetamol, ibuprofen,dan obat anti nyeri lainnya.

Saat Anda tiba di rumah sakit,dokter akan memeriksa Anda untuk menentukan lokasi dan derajat patah tulang pergelangan tangan.Dengan cara melakukan foto rontgen di daerah pergelangan tangan Anda yang dicurigai adanya fraktur(patah tulang).

 

Apa Sajakah Prosedur Pengobatannya

  • Penerapan bidai atau gips
    Jika pasien hanya mengalami patah tulang pergelangan tangan ringan dan tulangnya masih berada di tempatnya, dokter cukup memasang belat atau gips untuk menjaga pergelangan tangan tetap di tempatnya dan meresepkan obat pereda nyeri.
  • Reposisi tulang
    Jika posisi tulang pergelangan tangan bergerak namun tidak terlalu parah, dokter dapat mengembalikan tulang ke posisi semula lalu mengamankannya pada tempatnya dengan gips.
  • Prosedur pemasangan pen
    Pada patah tulang pergelangan tangan yang parah, dokter spesialis ortopedi akan melakukan operasi peniti untuk memperbaiki posisi tulang agar tetap pada posisi yang benar hingga pasien sembuh.

 



Klinik Utama Dharmahusada Premier merupakan klinik Utama yang berlokasi di area Dharmahusada. Dengan seluruh tenaga medis profesional, Klinik Utama Dharmahusada Premier menghadirkan pelayanan komprehensif yang meliputi perawatan promotif, preventif, dan kuratif. Segala tindakan medis ditangani oleh tenaga medis ahli dan berpengalaman, serta menggunakan teknologi yang modern.



Social Media


Facebook

www.facebook.com/dhpclinic


Twitter

@dhpcclinic


Instagram

@dhpclinic



Hubungi Kami


Whatsapp

085233664118


Telepon

(031)5921101


Email

klinik.dharmahusadapremier@gmail.com


Copyright by Markbro 2024. All rights reserved.