Senin - Jumat07:00-21:00Sabtu07:00-13:00Hubungi kami+0315921101

Kenapa Sarapan Itu Penting?

Kenapa Sarapan Itu Penting?

December 6, 2023 by admin ku
artikel-2023-12-06T114032.440.png

Kebiasaan hidup sehat, seperti rutin berolahraga dan sarapan di pagi hari, dapat membuat tubuh bugar dan bersemangat menjalankan tugas sehari-hari; itu juga dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas di tempat kerja. Seringkali orang mengabaikan sarapan atau sarapan karena berbagai alasan. Banyak orang yang melewatkan sarapan karena terburu-buru, tidak punya waktu, takut terlambat, atau asing dengan sarapan. Padahal menurut hasil penelitian, terdapat banyak manfaat yang akan kita peroleh dengan membiasakan sarapan setiap pagi.

 

Manfaat Sarapan Setiap Pagi

Adapun manfaat yang dapat diperoleh dari kebiasaan sarapan antara lain:

  • Modal untuk usaha yang berhubungan dengan energi
    Sarapan memberi tubuh energi yang dibutuhkan untuk menjalankan tugas sehari-hari. Selain itu, tidak ada makanan yang masuk ke dalam tubuh saat tidur satu malam. Kandungan nutrisi sarapan pagi juga memenuhi 15-30% kebutuhan nutrisi harian. Sarapan dapat menyediakan karbohidrat yang tersedia yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kadar gula darah. Mempertahankan kadar gula darah normal dapat meningkatkan kegembiraan dan konsentrasi di tempat kerja, sehingga mungkin meningkatkan produktivitas.
  • Mempertahankan suasana hati dan fokus Anda yang menyenangkan
    Sarapan membantu seseorang untuk lebih berkonsentrasi dalam belajar dan bekerja. Sarapan memberikan nutrisi penting bagi otak, meningkatkannya dan memungkinkannya untuk fokus (konsentrasi). Otak Anda juga akan dapat berfungsi lebih efisien dan Anda tidak akan mudah tertidur. Menurut penelitian, orang yang tidak sarapan sebelum bekerja atau belajar di sekolah mungkin akan mengalami sakit kepala, sakit perut, mengantuk, mudah tersinggung, gelisah, cemas, dan mudah tersinggung, serta merasa lelah.
  • Berdampak pada kapasitas kognitif
    Sarapan berfungsi sebagai sumber nutrisi untuk membantu siswa tampil lebih baik di sekolah. Sarapan akan membantu Anda berkonsentrasi lebih baik karena memenuhi kebutuhan energi tubuh Anda. Tingkat fokus yang tinggi akan meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan temuan penelitian yang dilakukan pada anak usia 9-11 tahun dengan status gizi buruk, anak yang tidak sarapan pagi memiliki kemampuan kognitif yang lebih rendah dibandingkan anak yang rutin sarapan.
  • Menjaga kesehatan Anda
    Membiarkan perut kosong karena tidak sarapan menyebabkan tubuh terasa lemas karena kekurangan nutrisi, terutama pada usia muda. Pada anak usia sekolah, tidak sarapan secara konsisten menyebabkan penurunan berat badan, penurunan daya tahan tubuh, kekurangan gizi, dan anemia defisiensi besi. Kurangnya sarapan di pagi hari menyebabkan peningkatan kadar insulin dalam darah, yang dalam jangka panjang dapat menyebabkan diabetes. Menurut penelitian di Australia, kebiasaan tidak sarapan pada anak meningkatkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat atau LDL dalam darah.
  • Mencegah kelebihan berat badan dan obesitas
    Kebiasaan sarapan dapat membantu menghindari obesitas. Menurut temuan penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, anak-anak dan remaja yang melewatkan sarapan pagi lebih mungkin mengalami kelebihan berat badan atau obesitas dibandingkan mereka yang sarapan pagi. Melewatkan sarapan menyebabkan perut Anda terasa sangat lapar dan tidak mampu mengatur nafsu makan sehingga menyebabkan Anda makan berlebihan pada waktu makan berikutnya. Faktanya, melewatkan sarapan akan memperlambat metabolisme Anda, sehingga sulit membakar kalori ekstra yang masuk saat makan siang.


Klinik Utama Dharmahusada Premier merupakan klinik Utama yang berlokasi di area Dharmahusada. Dengan seluruh tenaga medis profesional, Klinik Utama Dharmahusada Premier menghadirkan pelayanan komprehensif yang meliputi perawatan promotif, preventif, dan kuratif. Segala tindakan medis ditangani oleh tenaga medis ahli dan berpengalaman, serta menggunakan teknologi yang modern.



Social Media


Facebook

www.facebook.com/dhpclinic


Twitter

@dhpcclinic


Instagram

@dhpclinic



Hubungi Kami


Whatsapp

085233664118


Telepon

(031)5921101


Email

klinik.dharmahusadapremier@gmail.com


Copyright by Markbro 2024. All rights reserved.