Senin - Jumat07:00-21:00Sabtu07:00-13:00Hubungi kami+0315921101

Macam-macam Pemanis Alami Pengganti Gula

Macam-macam Pemanis Alami Pengganti Gula

November 1, 2023 by admin ku
artikel-91.png

Gula alami juga dikenal sebagai pemanis kalori karena mengandung karbohidrat yang memberikan energi. Bentuk gula ini secara alami ada dalam makanan. Gula ini juga dikenal sebagai gula bergizi. Bentuk gula ini biasa ditemukan pada makanan yang juga mengandung vitamin, mineral, dan serat.

Pemanis buatan ada dua macam. Jenis pertama adalah manis tanpa kalori (non nutritive sweeter), sementara lainnya merupakan pemanis berkalori (nutritive sweetener). Perbedaan ini harus Anda ingat, karena bisa menaikkan gula darah.

Contoh pemanis tanpa kalori adalah aspartame, sakarin, asesulfam, sukralosa, dan neotam. Sedangkan pemanis yang mengandung kalori adalah xylitol, sorbitol, isomalt, mannitol, maltitol, dan Hydrogenated Starch Hydolysaters (HSH), semua merupakan sugar alcohol, yakni gula yang yang mengalami proses hidroksilasi.

 

Macam-macam Pemanis Alami Pengganti Gula

  • Stevia
    Stevia terbuat dari tanaman Stevia Rebaudina. Pemanis buatan ini mengandung 0 kalori dan indeks glikemik 0. Stevia memiliki tingkat kemanisan 200 – 400 kali lebih manis dari pada gula biasa sehingga hanya memerlukan takaran yang sedikit.
  • Erythritol
    Erythritol terbuat dari gula alkohol yang diproses melalui fermentasi glukosa dari pati jagung. Erythritol memiliki tingkat kemanisan 80% kebih manis dari gula biasa dan mengandung 2,4 kalori/gram
  • Xylitol
    Xylitol terbuat dari gula alkohol yang berasal dari ekstraksi phon dan tanaman berserat kayu seperti pohon birch. Xylitol juga mengandung 0,2 kalori/gram
  • Buah Monk atau Luo Han Guo
    Pemanis alami ini terbuat dari hasil esktrak buah monk. Pemanis alami buah monk mengandung 0 kalori dan indeks glikemik yang rendak. Pemanis alami buah monk juga memiliki efek sebagai antioksidan yang tinggi
  • Sakarin
    Sakarin memiliki tingkat kemanisan 300 kali lebih manis dari pada gula pasir. Sakarin juga memiliki ketahanan terhadap suhu panas, sehingga baik digunakan untuk memasak. Selain itu, sakarin juga tidak dihancurkan, melainkan dibuang keluar oleh tubuh.
  • Aspartam
    Aspartam banyak digunakan sebagai pemanis minuman seperti teh atau kopi. Aspartame memiliki tingkat kemanisan 160-220 kali lebih manis daripada gula pasir. Sebenarnya, aspartame masih mengandung sedikit kalori, tetapi hanya empat kalori per gram aspartame, sehingga jumlah yang sangat kecil ini dapat Anda abaikan.
  • Sugar Alcohol (nutritive sweetner)
    Pemanis pengganti gula dalam kelompok sugar alcohol mengandung kalori. Sugar alcohol biasa dibuat dari buah-buahan (fruktosa). Sugar alcohol dapat digunakan sebagai pengganti gula karena jumlah kalorinya yang lebih sedikit


Klinik Utama Dharmahusada Premier merupakan klinik Utama yang berlokasi di area Dharmahusada. Dengan seluruh tenaga medis profesional, Klinik Utama Dharmahusada Premier menghadirkan pelayanan komprehensif yang meliputi perawatan promotif, preventif, dan kuratif. Segala tindakan medis ditangani oleh tenaga medis ahli dan berpengalaman, serta menggunakan teknologi yang modern.



Social Media


Facebook

www.facebook.com/dhpclinic


Twitter

@dhpcclinic


Instagram

@dhpclinic



Hubungi Kami


Whatsapp

085233664118


Telepon

(031)5921101


Email

klinik.dharmahusadapremier@gmail.com


Copyright by Markbro 2024. All rights reserved.