Senin - Jumat07:00-21:00Sabtu07:00-13:00Hubungi kami+0315921101

Bunda Perlu Tahu, Anak Sesak Napas Bisa Jadi Karena Penyakit Serius!

Bunda Perlu Tahu, Anak Sesak Napas Bisa Jadi Karena Penyakit Serius!

March 25, 2024 by admin ku
artikel-2024-03-25T151032.797.png

Sesak napas pada anak harus diwaspadai. Keluhan ini dapat menunjukkan penyakit serius yang memerlukan perawatan segera. Sesak napas yang berlarut-larut juga dapat mengganggu pertumbuhan anak. Ketika seseorang mengalami kesulitan bernapas sehingga mereka tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup ke paru-paru mereka, disebut sesak napas. Kondisi ini juga dikenal sebagai dispnea dalam istilah medis.

 

Penyebab Anak Sesak Napas

Sesak napas pada anak-anak dan orang dewasa sering dikaitkan dengan penyakit jantung atau paru-paru. Berikut adalah beberapa penyakit yang dapat menyebabkan sesak napas pada anak:

  • Bronkiolitis
    Infeksi yang dikenal sebagai bronkiolitis dapat menyebabkan peradangan dan penyumbatan saluran pernapasan kecil (bronkiolus) di dalam paru-paru. Anak-anak dan bayi biasanya lebih rentan terhadap penyakit ini. Symptom awal mungkin termasuk batuk kering terus-menerus, hidung tersumbat, dan demam. Gejala bronkiolitis yang sudah parah dapat termasuk lesu, kulit membiru (sianosis), mengi, dan napas yang cepat namun dangkal. Anda harus segera membawanya ke rumah sakit jika anak menunjukkan gejala ini.
  • Pneumonia
    Infeksi yang menyebabkan peradangan pada kantong udara paru-paru adalah pneumonia. Bakteri dan virus, termasuk virus Corona, dapat menyebabkan pneumonia. Salah satu penyakit yang sering terjadi pada anak-anak adalah pneumonia. Bahkan, di Indonesia, penyakit ini merupakan penyebab kematian balita kedua setelah diare. Batuk, mengi, hidung tersumbat, nyeri dada, nyeri perut, penurunan nafsu makan, dan sesak napas dan napas cepat adalah gejala pneumonia pada anak. Jika penyakitnya sudah parah, kuku dan bibir anak mungkin menjadi kebiruan. Ini adalah tanda bahwa tubuh anak kekurangan oksigen.
  • Gagal┬ájantung
    Gagal jantung terjadi ketika salah satu sisi jantung tidak dapat memompa darah cukup ke seluruh tubuh. Gagal jantung juga bisa terjadi di kedua sisi jantung. Gagal jantung juga dapat menyebabkan edema atau pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki, yang biasanya terjadi saat anak berbaring, membungkuk, atau tidur.
  • Asma
    Asma adalah penyakit pernapasan jangka panjang yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas. Gejala asma pada anak-anak termasuk lesu, batuk kronis, mengi, dan nyeri dada, tetapi gejala utamanya adalah sesak napas. Saluran napas anak-anak yang menderita asma lebih rentan terhadap iritasi, yang menyebabkan penyempitan saluran napas, membuat bernapas menjadi sulit.
  • Syok anafilaktik
    Anafilaksis, atau syok anafilaktik, adalah reaksi alergi berat. Kondisi ini dapat menyebabkan kematian jika tidak diobati segera. Anafilaksis dapat disebabkan oleh makanan, obat, atau bahan tertentu; itu juga bisa disebabkan oleh sengatan atau gigitan serangga. Reaksi anafilaktik juga dapat ditunjukkan dengan kulit gatal atau bengkak, batuk, mual dan muntah, nyeri perut, kesulitan bicara, tenggorokan menyempit, napas berbunyi (mengi), detak jantung yang cepat, dan pingsan. Selain sesak napas mendadak, gejala lain termasuk
  • Tersedak / Aspirasi Benda Asing ke Saluran Pernafasan
    Ayah Bunda harus waspada jika pada anak anda sesak ada kemungkinan tersedak benda asing atau makanan pada saluran nafasnya. Anak-anak sering memasukkan semua benda kedalam mulutnya, hal itu dikarenakan dibawah 2 tahun berada pada fase oral dalam hidupnya, yaitu dimana anak akan mendapatkan kepuasan dengan memasukkan benda kedalam mulutnya. Oleh karena itu, saat bermain pastikan tidak ada benda yang kecil yang dapat menyumbat jalur nafas anak, atau saat anak perlu bermain dengan benda yang kecil pastikan berada dalam supervisi. Saat anak makan juga pastikan potongan makanannya sesuai dengan usia anak. Pastikan Aybun tahu pertolongan pertama jika anak sesak karena tertelan benda asing / makanan.

 

Jika Anda mengalami gangguan kesehatan dan membutuhkan pengobatan segera, Anda bisa kunjungi Klinik Dharmahusada Premier untuk mendapatkan pengobatan dan penanganan yang Anda butuhkan.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa hubungi kami di:

  • 0315921101
  • 085233664118

Atau Anda bisa kunjungi Klinik Dharmahusada Premier di Jl. Raya Dharma Husada Indah No.26, Mojo, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60285



Klinik Utama Dharmahusada Premier merupakan klinik Utama yang berlokasi di area Dharmahusada. Dengan seluruh tenaga medis profesional, Klinik Utama Dharmahusada Premier menghadirkan pelayanan komprehensif yang meliputi perawatan promotif, preventif, dan kuratif. Segala tindakan medis ditangani oleh tenaga medis ahli dan berpengalaman, serta menggunakan teknologi yang modern.



Social Media


Facebook

www.facebook.com/dhpclinic


Twitter

@dhpcclinic


Instagram

@dhpclinic



Hubungi Kami


Whatsapp

085233664118


Telepon

(031)5921101


Email

klinik.dharmahusadapremier@gmail.com


Copyright by Markbro 2024. All rights reserved.