Apakah Ibu Hamil Bisa Terkena Gagal Jantung

October 12, 2023 by admin ku
artikel-27.png

Penyakit jantung dan pembuluh darah tidak membeda-bedakan berdasarkan usia, jenis kelamin, atau kondisi medis. Penyakit jantung bisa menyerang siapa saja, mulai dari bayi baru lahir hingga orang lanjut usia. Penyakit jantung menimbulkan masalah unik bagi wanita hamil, terutama karena terbatasnya obat-obatan yang digunakan dan kekhawatiran terhadap keselamatan janin.

Gagal jantung terkait kehamilan atau dikenal juga dengan istilah kardiomiopati peripartum atau disingkat PPCM, merupakan salah satu kelainan jantung yang perlu diwaspadai. Ini adalah kelainan pompa jantung yang dimulai pada bulan terakhir sebelum kelahiran dan berlangsung selama beberapa bulan setelah melahirkan. Selama ini, kondisi pompa jantung bisa memburuk, berkembang hingga menimbulkan tanda dan gejala gagal jantung.

Kardiomiopati peripartum seringkali muncul secara tidak terduga dan tidak disadari oleh pasien. Gejala kardiomiopati peripartum dapat muncul mulai dari bulan terakhir kehamilan hingga beberapa bulan setelah kelahiran. Gejalanya adalah sebagai berikut:

• Aku kehabisan nafas
  • Mudah lelah saat beraktivitas
  • Kedua kakinya bengkak.
  • Palpitasi, rasa tidak nyaman di dada, batuk, mual, dan rasa penuh yang tiba-tiba

Semua gejala ini berkembang sebagai akibat dari penurunan bertahap kapasitas pemompaan jantung yang disebabkan oleh kehamilan. Beberapa ahli mengaitkannya dengan hormon yang berhubungan dengan kehamilan dan menyusui, sementara yang lain mengaitkannya dengan peradangan atau peradangan jantung yang berhubungan dengan kehamilan. Daya pompa jantung berangsur-angsur menurun hingga akhirnya pasien mengalami gagal jantung.

Jika kardiomiopati peripartum teridentifikasi, empat faktor berikut harus dipertimbangkan:

• Istirahat yang cukup dan hindari aktivitas fisik yang berat.
  • Nutrisi seimbang dan pola makan sehat dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi Anda.
  • Batasi konsumsi garam dan hidrasi sesuai anjuran dokter Anda. Kontrol dan minum obat secara teratur.